A.
Hadits Tentang Habbatussauda
Setelah di cari
dari beberapa kitab hadits, terdapat beberapa hadits yang berkaitan langsung
dengan habbatus sauda’. Hadits-hadits tersebut diantaranya sebagai
berikut.
حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ
قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ وَسَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا
هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُمَا أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا
السَّامَ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ وَالسَّامُ الْمَوْتُ وَالْحَبَّةُ السَّوْدَاءُ
الشُّونِيزُ
Telah
menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al
Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Abu
Salamah dan Sa'id bin Musayyib bahwa Abu Hurairah telah mengabarkan kepada
keduanya, bahwa dia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Dalam habbatus sauda’ (jintan hitam) terdapat obat dari segala penyakit
kecuali kematian." Ibnu Syihab berkata; "Maksud dari kematian adalah
maut sedangkan habbatus sauda’ adalah pohon syuniz."
- Sunan Tirmidzi[2]
no 2041
حَدَّثَنَا
ابْنُ أَبِي عُمَرَ وَسَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ قَالَا
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عَلَيْكُمْ
بِهَذِهِ الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ فَإِنَّ فِيهَا شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا
السَّامَ وَالسَّامُ الْمَوْتُ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ بُرَيْدَةَ
وَابْنِ عُمَرَ وَعَائِشَةَ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالْحَبَّةُ
السَّوْدَاءُ هِيَ الشُّونِيزُ
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu
Umar dan Sa'id bin Abdurrahman Al Makhzumi keduanya berkata, Telah menceritakan
kepada kami Sufyan dari Az Zuhri dari Abu Salamah dari Abu Hurairah bahwasanya
Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Salam bersabda: "Hendaklah kalian selalau mengkomsumsi
Habbatus Sauda`, karena di dalamnya terdapat kesembuhan bagi segala penyakit,
kecuali As Sam. Sedangkan As Sam adalah kematian." Abu Isa berkata; Hadits
semakna juga diriwayatkan dari Buraidah, Ibnu Umar dan Aisyah. Hadits ini
adalah hasan shahih. Al Habbatus Sauda` adalah Asy Syuuniz (jinten hitam).
- Sunan Ibn Majah[3]
no 3447
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْحَارِثِ الْمِصْرِيَّانِ قَالَا
حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي
أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَسَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا
هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُمَا أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ
إِلَّا السَّامَ وَالسَّامُ الْمَوْتُ وَالْحَبَّةُ السَّوْدَاءُ الشُّونِيزُ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad
bin Rumh dan Muhammad bin Al Harits Al Mushriyan keduanya berkata; telah
menceritakan kepada kami Al Laits bin Sa'd dari 'Uqail dari Ibnu Syihab telah
mengabarkan kepadaku Abu Salamah bin Abdurrahman dan Sa'id bin Al Musayyab
bahwa Abu Hurairah mengabarkan kepada keduanya, bahwa dia mendengar Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya dalam habbatus
sauda' (jintan hitam) terdapat obat dari segala jenis penyakit kecuali as saam,
dan as saam adalah kematian, dan habbatus sauda' adalah Asy syuniz."
- Musnad Ahmad no 6986
حَدَّثَنَا
سُفْيَانُ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ
بِهَذِهِ الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ فَإِنَّ فِيهَا شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا
السَّامَ قَالَ سُفْيَانُ السَّامُ الْمَوْتُ وَهِيَ الشُّونِيزُ
Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari
Az Zuhri dari Abu Salamah -InsyaAllah- dari Abu Hurairah dari Nabi Shallallahu
'alaihi wa Salam, beliau bersabda: "Hendaklah kalian menggunakan habbatus
sauda' (biji hitam) ini, sebab di dalamnya terdapat obat bagi seluruh penyakit
kecuali As Saam." Sufyan berkata: As Saam adalah kematian, dan maksud biji
itu adalah jinten hitam (latin: Nigella Sativa -ed).
- Musnad Ahmad no 7242
حَدَّثَنَا
يَزِيدُ وَيَعْلَى قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا السَّامَ
قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا السَّامُ قَالَ الْمَوْتُ
Telah menceritakan kepada kami Yazid dan
Ya'la mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Amru dari
Abu Salamah dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam
bersabda: "Didalam Habbatus Sauda` ada obat untuk semua penyakit kecuali
As Sam." Para sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud
dengan As Sam?" Beliau menjawab: "Kematian."
- Musnad Ahmad
7317
حَدَّثَنَا
عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ أَخْبَرَنِي أَبُو
سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لِلشُّونِيزِ عَلَيْكُمْ بِهَذِهِ الْحَبَّةِ
السَّوْدَاءِ فَإِنَّ فِيهَا شِفَاءً مِنْ كُلِّ شَيْءٍ إِلَّا السَّامَ يُرِيدُ
الْمَوْتَ
Telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq
telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Az Zuhri berkata; telah mengabarkan
kepadaku Abu Salamah dari Abu Hurairah, dia berkata; aku mendengar Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda tentang Habbatus Sauda`: "Hendaklah
kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda`, karena di dalamnya ada obat untuk segala
penyakit kecuali As Saam." Yaitu kematian.
- Musnad Ahmad
8695
حَدَّثَنَا
عَفَّانُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْقَاصُّ قَالَ
حَدَّثَنَا الْعَلَاءُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا
مِنْ دَاءٍ إِلَّا فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ مِنْهُ شِفَاءٌ إِلَّا السَّامُ
Telah menceritakan kepada kami 'Affan
telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Ibrahim bin Al Qash berkata;
telah menceritakan kepada kami Al 'Ala` bin Abdurrahman dari bapaknya dari Abu
Hurairah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda:
"Tidaklah ada penyakit kecuali pada habbatus sauda` terdapat obatnya,
kecuali sam (kematian)."
- Musnad Ahmad
9117
حَدَّثَنَا
يَحْيَى وَهُوَ ابْنُ سَعِيدٍ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو قَالَ
حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِهَذِهِ الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ
فَإِنَّ فِيهَا شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا السَّامَ قِيلَ يَا رَسُولَ
اللَّهِ وَمَا السَّامُ قَالَ الْمَوْتُ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ
وَيَعْلَى قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو مِثْلَهُ فِي الْحَبَّةِ
السَّوْدَاءِ
Telah menceritakan kepada kami Yahya
-yaitu Ibnu Sa'id- berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Amru
berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Salamah dari Abu Hurairah berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hendaklah kalian
menggunakan Al Habbah As Sauda`, karena di dalamnya mengandung obat dari segala
penyakit kecuali As Saam, " para sahabat bertanya; "Wahai Rasulullah,
apa itu As Saam?" beliau bersabda: "Kematian." Telah
menceritakan kepada kami Yazid bin Harun dan Ya'la mereka berkata; telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Amru sebagaimana dalam hadits Habbatus
Sauda`."
- Musnad Ahmad
10217
حَدَّثَنَا
رَوْحٌ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي حَفْصَةَ قَالَ حَدَّثَ ابْنُ شِهَابٍ
عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ
فَإِنَّهَا شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ إِلَّا مِنْ السَّامِ قَالَ قَالَ ابْنُ
شِهَابٍ الْمَوْتُ
Telah menceritakan kepada kami Rauh, dia
berkata; telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abu Hafshah berkata; Ibnu
Syihab menceritakan dari Sa'id Ibnul Musayyab dari Abu Hurairah, dia berkata;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hendaklah kalian
menggunakan habbatus sauda` (jinten hitam) ini, karena sesungguhnya di
dalamnya mengandung obat dari segala penyakit kecuali As Sam, ' Muhammad
berkata; Ibnu Syihab berkata; "Yaitu kematian."
- Musnad Ahmad
23916
حَدَّثَنَا
وَكِيعٌ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو عُقَيْلٍ عَنْ بُهَيَّةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالْحَبَّةِ
السَّوْدَاءِ فَإِنَّ فِيهَا شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلَّا السَّامَ يَعْنِي
الْمَوْتَ وَالْحَبَّةُ السَّوْدَاءُ الشُّونِيزُ
Telah menceritakan kepada kami Waki', dia
berkata; telah menceritakan kepadaku Abu Uqail dari Buhayyah dari Aisyah
berkata; Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Hendaklah kalian menggunakan habbatus sauda`, karena ia
mengandung obat bagi semua penyakit kecuali saam, yaitu kematian. Dan habbatus
sauda`adalah syuniz (biji hitam)."
- Musnad Ahmad
no 23980
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي فُدَيْكٍ الدِّيْلِيُّ أَخْبَرَنَا
إِبْرَاهِيمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي حَبِيبَةَ الْأَشْهَلِيُّ عَنْ دَوُادَ
بْنِ الْحُصَيْنِ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ السِّوَاكُ مَطْيَبَةٌ لِلْفَمِ
مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ وَفِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ
إِلَّا السَّامَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا السَّامُ قَالَ الْمَوْتُ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad
bin Ismail bin Abi Fudaik Ad Daili telah mengabarkan kepada kami Ibrahim bin
Ismail bin Abi Habibah Al Asyhali dari Daud bin Al Hushaini dari Al Qasim bin
Muhammad dari Aisyah bahwasanya Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersbda:
"Siwak adalah mewangikan mulut dan mendatangkan keridlaan Allah, dan habbatus
sauda` adalah penyembuh dari semua penyakit kecuali as saam." Mereka
bertanya; "Wahai Rasulullah, apa itu saam?" beliau bersabda:
"Kematian."
- Shahih
Bukhari[4]
juzz 5 kitab Al Tibb bab habbatus sauda no 5363 halaman 2154
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ خَالِدِ
بْنِ سَعْدٍ قَالَ خَرَجْنَا وَمَعَنَا غَالِبُ بْنُ أَبْجَرَ فَمَرِضَ فِي
الطَّرِيقِ فَقَدِمْنَا الْمَدِينَةَ وَهُوَ مَرِيضٌ فَعَادَهُ ابْنُ أَبِي
عَتِيقٍ فَقَالَ لَنَا عَلَيْكُمْ بِهَذِهِ الْحُبَيْبَةِ السَّوْدَاءِ فَخُذُوا
مِنْهَا خَمْسًا أَوْ سَبْعًا فَاسْحَقُوهَا ثُمَّ اقْطُرُوهَا فِي أَنْفِهِ
بِقَطَرَاتِ زَيْتٍ فِي هَذَا الْجَانِبِ وَفِي هَذَا الْجَانِبِ فَإِنَّ
عَائِشَةَ حَدَّثَتْنِي أَنَّهَا سَمِعَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ هَذِهِ الْحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ
إِلَّا مِنْ السَّامِ قُلْتُ وَمَا السَّامُ قَالَ الْمَوْتُ
Telah
menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada
kami 'Ubaidullah telah menceritakan kepada kami Isra`il dari Manshur dari
Khalid bin Sa'd dia berkata; Kami pernah bepergian yang di antaranya terdapat
Ghalib bin Abjar, di tengah jalan ia jatuh sakit, ketika sampai di Madinah ia
masih menderita sakit, lalu Ibnu Abu 'Atiq menjenguknya dan berkata kepada
kami; "Hendaknya kalian memberinya habbatus sauda’ (jintan hitam),
ambillah lima atau tujuh biji, lalu tumbuklah hingga halus, setelah itu
teteskanlah di hidungnya di sertai dengan tetesan minyak sebelah sini dan
sebelah sini, karena sesungguhnya Aisyah pernah menceritakan kepadaku bahwa dia
mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya
habbatus sauda’ ini adalah obat dari segala macam penyakit kecuali saam."
Aku bertanya; "Apakah saam itu?" beliau menjawab:
"Kematian."
- Sunan Tirmidzi[5]
no 2070
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُعَاذٌ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ قَتَادَةَ
قَالَ حُدِّثْتُ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ الشُّونِيزُ دَوَاءٌ مِنْ كُلِّ
دَاءٍ إِلَّا السَّامَ قَالَ قَتَادَةُ يَأْخُذُ كُلَّ يَوْمٍ إِحْدَى وَعِشْرِينَ
حَبَّةً فَيَجْعَلُهُنَّ فِي خِرْقَةٍ فَلْيَنْقَعْهُ فَيَتَسَعَّطُ بِهِ كُلَّ
يَوْمٍ فِي مَنْخَرِهِ الْأَيْمَنِ قَطْرَتَيْنِ وَفِي الْأَيْسَرِ قَطْرَةً
وَالثَّانِي فِي الْأَيْسَرِ قَطْرَتَيْنِ وَفِي الْأَيْمَنِ قَطْرَةً وَالثَّالِثُ
فِي الْأَيْمَنِ قَطْرَتَيْنِ وَفِي الْأَيْسَرِ قَطْرَةً
Telah menceritakan kepada kami Muhammad
bin Basysyar, telah menceritakan kepada kami Mu'adz Telah menceritakan kepada
kami bapakku dari Qatadah ia berkata, Telah diceritakan kepadaku bahwasanya; Abu
Hurairah pernah berkata, "Asy Syuniz (habbatus sauda`) adalah obat untuk
segala jenis penyakit, kecuali kematian." Qatadah berkata; Pada setiap
harinya ia mengambil dua puluh satu biji dan meletakkannya pada sobekan kain
lalu merendamnya. Kemudian setiap hari, ia memasukkannya ke dalam hidungnya.
Dua tetes pada lubang hidung sebelah kanan dan setetes pada hidung yang kiri.
Pada tetesan kedua, dua tetes untuk hidung sebelah kiri dan setetes pada lubah
hidung bagian kanan. Kedua untuk kali yang ketiga, ia memasukkan dua tetes pada
lubang hidung sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri satu tetes.
B.
Pendapat Ulama Hadits
Untuk mengetahui
lebih lanjut tentang habbatus sauda’, penulis mengutip pendapat tiga
ulama hadits yang langsung mensyarahi kitab shahih Al Bukhari.
Ibn Hajar Al
‘Asqalani dalam karyanya, Fath Al Bari[6]menjelaskan
bahwa yang dimaksud (السام) dari redaksi (الا من السام) sebagaimana dikatakan oleh Ibn Majah (الا ان يكون الموت) tak lain ialah kematian. Kematian itu
salah satu dari sekian banyak penyakit. Sebagaimana dilukiskan oleh sya’ir (وداء الموت ليس له دواء).
Adapun redaksi (قلت
وما السام؟ قال الموت) tidak diketahui siapa yang bertanya dan
yang menjawab. Namun diduga yang bertanya ialah Khalid bin Said dan yang
menjawabnya Abu Atiq. Abi ‘Atiq menceritakan
bahwa ada seseorang sakit kepala (pusing) yang parah sehingga ia berkata berat.
Akhirnya ia mengambil habbatus sauda’ dan mencampurnya dengan
minyak zaitun. Selanjutnya di teteskan kepada hidung sebanyak tiga tetesan.[7]
Abi Yahya Zakaria
Al Al Anshari dalam karyanya, Minhat Al Bari[8] (lebih
dikenal dengan Tuhfat Al Bari) menyatakan bahwa bab ini menjelaskan
tentang boleh nya menggunakan habbatus sauda’ untuk pengobatan. Beliau
melanjutkan bahwa pada redaksi (انا فى الحبة السوداء شفاء من كل داء), Al Bukhari sedang
membahas sesuatu yang lembab dan dingin (menyejukkan), karena obat untuk
menghadapi dahaga (panas) yaitu sesuatu yang dingin dan menyejukkann. Sesungguhnya
obat selamanya berlawanan dengan penyakit, seperti makanan bergizi adalah
penawar daripada kelaparan. Sebagaimana telah disebutkan oleh Al Kirmani bahwa
sesuatu yang umum disusun dibarengi dengan penentuan pengecualiannya sebagai
standar penetapan sebuah hukum.
Syaikh Al ‘Aini dalam karyanya, Umdah Al Qari[9] mengatakan bahwa
kitab ini menjelaskan tentang habbatus sauda’ dan manfaatnya. Al Qurthubi
mengatakan bahwa (شونيز)
dengan di dhamah kan huruf (ش).
Ibn Arabi mengatakan bahwa syuniz itu biji-bijian berwarna hijau
kehitaman atau hitam kehijauan. Abdul Lathif Al Baghdadi mengatakan bahwa itu
adalah sejenis wortel berwarna hitam disebut juga wortel hindi. Salah satu
manfaatnya yaitu untuk mengobati sakit flu, menghilangkan lemak dan
membersihkan organ dalam yang kotor. Bermanfaat juga untuk mengobati kelebihan
lemak, sakit kepala atau migrain. Jika tujuh biji habbatus sauda
dengan air susu ibu selama kurang lebih
satu jam bisa mengobati sakit gigi dari dinginnya berkumur dengan air.
Bila dicampur dengan susu dan jeruk nipis bisa mengobati susah bernafas
(asma’). Jika dicampur dengan madu bisa mengatasi sakit saat nifas.
[1]
Al Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail Al Bukhari Al Ja’fi, Shahih Al
Bukhari juzz 5 (Damaskus: Dar Ibn Katsir, ), h. 2154
[2]
Al Imam Al Hafiz Muhammad bin Isa bin Surah Al Tirmizi, Sunan Al Tirmizi
(Riyadh: Maktabah Al Ma’arif, TT), h . 461
[3]
Abi abdillah Muhammad bin Yazid Al Quzwaini Al Syahir, Sunan Ibn Majah (Riyadh:
Maktabah Al Ma’arif, TT), h. 577
[4]
Al Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail Al Bukhari Al Ja’fi, Shahih Al
Bukhari juzz 5 (Damaskus: Dar Ibn Katsir, TT), h. 2153
[5]
Al Imam Al Hafiz Muhammad bin Isa bin Surah Al Tirmizi, Sunan Al Tirmizi
(Riyadh: Maktabah Al Ma’arif, TT), h . 468
[6] Al Imam Al Hafidz Ahmad bin Ali bin
Hajar Al ‘Asqalani, Fath Al bari bi Syarh Shahih Al Bukhari juzz 10
(Libanon: Dar Al Ma’rifah, TT), h. 143
[7] Al Imam Al Hafidz Ahmad bin Ali bin
Hajar Al ‘Asqalani, Fath Al bari bi Syarh Shahih Al Bukhari juzz 10
(Libanon: Dar Al Ma’rifah, TT), h. 144
[8]
Syaikhul Islam Abi Yahya Zakaria Al Anshari Al Mishri Al Syafi’i, Minhatu Al
Bari Bi Syarhi Shahih Al Bukhari juzz 9 (Nasyir: Maktabah Al Rasyid, 2005),
h. 12
[9] Syaikh Al Imam Al ‘Alamah Badr
Al Din Abi Muhammad Mahmud bin Ahmad Al ‘Aini (w. 855 H) Umdatul Qari Syarh
Shahih al Bukhari juzz 21 (Damaskus: Idarah Al Tiba’ah Al Muniriyah, TT),
h. 235
Title : Hadits Sains: Habbatussauda
Description : A. Hadits Tentang Habbatussauda Setelah di cari dari beberapa kitab hadits, terdapat beberapa hadits yang berkaitan langsung de...
Description : A. Hadits Tentang Habbatussauda Setelah di cari dari beberapa kitab hadits, terdapat beberapa hadits yang berkaitan langsung de...
Casino - DrmCD
BalasHapusExperience the thrill of real money 나주 출장샵 casino games, from blackjack 원주 출장마사지 and poker 당진 출장마사지 to table games. Play 오산 출장샵 for free or bet! Rating: 3.5 · 3 votes · Free · Game 춘천 출장안마