Pakaian Nasional dari Berbagai Negara



Jerman - Dirndl
Negara ini emang idolaku. Kalo boleh nggak nasionalis, fanatisme buta kuserahkan segalanya untuk Deutsche Vaterland!!!
 
Pakaian adat yang ada di Jerman namanya Dirndl. Biasa dipakai saat acara-acara tradisonal, pementasan folkculture dan… festival!!! Ya, di Jerman sering kali diadakan festival, semua orang berpesta, minum bir, dan menggunakan baju adat ini.

Di Jerman ada BerlinFest, dimana semua orang berpesta bir dan Muenchen juga tidak mau kalah dengan mengadakan Oktoberfest yang seperti namanya, diadakan setiap bulan oktober. Miroslav Klose dan Istrinya, Sylwia Purschke saat masih bermain untuk Bayern Munich juga turut berpartisipasi dalam oktoberfest!!! Wow...

Mbaknya seksi banget ya, tapi mungkin bentuk kunonya nggak gini. Mungkin ini ada pengaruh modernisasi... Lihat, Mbak Kim Kardashian dan Ibuknya, Kris Jenner yang juga sempat menghadiri Oktoberfest juga turut andil memakai Dirndl.











Belanda - Klederdracht
 
Baju adat tradisional Belanda namanya Klederdacht. Baju ini seringkali dijumpai di iklan-iklan produk asli kebanggaan ataupun yang berimage Belanda. Ciri khas yang lebih spesifik dari Klederdacht adalah topi yang njekither aneh tapi lucu yang melengkapi kostumnya. Bikinnya gimana yah???
Sebagai bekas jajahan belanda, masyarakat Netherlands Indie pasti sangat familiar dengan kostum ini...
 


 Skotlandia-Inggris - Kilt

Kostum inggris bisa saja sangat sederhana dan mirip dengan kostum-kostum tradisional Eropa lain. Tapi di Skotlandia ada Kilt, rok yang dipakai laki-laki dengan khas motif kotak-kotaknya.

Para wanita juga menggunakan motif ini yang biasanya berpasangan dengan yang pria. Motifnya juga khas, tentunya juga berbeda dengan motif kotak-kotaknya Pak JokoWi lho yaa...



Lihat, Mbak Sarah Jessica Parker yang Yahudi ini berpasangan dengan almarhum Alexander Mcqueen dengan memakai Kilt!!!
 

Norwegia – Bunad



Baju adat tradisional Norwegia namanya Bunad. Sulit sekali mencari informasinya karena bahsanya yang ’tak dikenal’. Setidaknya, konstum yang saya tampilkan tidak hanya seperti ini bentuknya, ada variasi lain yang bentuknya juga mirip-miriplah... Yang penting namanya : Bunad.



Kebanyakan baju eropa bercirikhas ada semacam celemek di bajunya... Mungkin jaman dulu itu digunakan untuk memudahkan pekerjaan rumah dan berkebun. HHmmm...



UgandaGomesi


Ke benua Hitam Afrika diawali dengan Gomesi dari Uganda, yang punya ciri khas adanya penutup kepala yang bundar besar berwarna-warni yang biasa digunakan para wanita disana. Kemudian biala ada variasi, biasanya lengan yang dipakai mirip dengan lengan barong tagalog dari Filipina.

Penutup kepala Gomesi dari Uganda bisa berbentuk macam-macam, sesuai kreativitas pemasang atau pembuatnya, yang membuat variasinya semakin menarik. Para wanita Uganda memang tahu benar cara menarik perhatian tanpa ngoyo..


Kenya - Khanga

 
Khanga dari Kenya, biasanya dipakai para wanita disana dengan penutup kepala seperti jilbab yang dibiarkan nyelampir. Lihat para wanita disana yang menggendong anaknya sambil ber-khanga. Mungkin juga untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari yang menggosongkan kulit. Clekiiit......





Tapi... sedikit aneh saya rasa, karena sekilas terlihat seperti wanita Madura yang juga ber-style sama...


Iya nggak sih???
 
India - Saree
Masuk kawasan Asia, baju adat yang paling terkenal adalah Saree, dibaca Sari. Baju ini berpotongan two piece yang menampilkan perut si pemakainya, yang kemudian ditutup oleh selendang slampir yang memperanggun kostum ini.


Sari masih sangat populer digunakan di Indoia hingga kini. Dimana-mana film India, pasti ada scene yang memuat pemainnya menggunakan Sari. Sungguh Trik pemasaran yang sangat efektif.


Berbagai acara yang dihelat, para tamu masih menggunakan pakaian ini di setiap kesempatan. Hebat ya… semoga Indonesia bisa meniru tren positif ini.



Lihat, mbak Kajol Devgan juga pakai saree lho… 





China - Cheongsam

Cheongsam, adalah baju adat tradisional China yang utama. Seperti di Indonesia yang memiliki berbagai macam baju adat yang bahkan sangat berbeda satu dengan lainnya, baju adat China yang berjenis Cheongsam inilah yang paling utama dan paling mudah dikenali dibandingkan baju adat dari propinsi lain.


   Kancing yang miring, kerah yang tinggi, potongan baju yang press body, menonjolkan lekuk tubuh wanita China yang cenderung ramping... Ngiri deh...

Mongolia – Deel
Mongol, punya pakaian yang namanya Deel. Atau kadang disebut dell. Tapi kalau dell, nanti jadi nama merek computer dong??? Hayo-hayo…
Bentuknya variatif dapat dilihat dari tiga gambar ini, agak mirip dengan kostum cina bagian barat yang beriklim sama, dan mungkin hanya orang-orang Mongol dan China yang bisa membedakan ya…
 
Deel biasa dipadu-padankan dengan bulu-bulu hewan utara yang bisa membantu menghangatkan badan penggunanya di medan negri eksotis ini. Semoga dalam kondisi dingin ini, mereka masih nggak lupa mandi, amin…
 Tibet – U-Tsang
U-tsang dari tibet, cukup mirip dengan Deel Mongol dan baju Cina barat. Wajarlah, memang lokasinya berdekatan.
 Mereka menggunakan U-Tsang yang berlapis-lapis yang berwarna-warni untuk melindungi tubuh dari dinginnya suhu himalaya.... Brrr.... Jangan Lupa mandi ibu-ibu....

Jepang - Kimono
 Meski negara ini lagi demam K-Pop, tapi budaya Jepang masih digandrungi oleh para penggemar fanatisnya. Kimono, salah satu budaya Jepang yang masih sangat diagungkan hingga kini. Harganya sangat mahal dan tidak semua orang bisa memilikinya.
 
Memasangnya sangat sulit, karena memiliki bagian yang berlapis-lapis dan perlu beberapa orang untuk membantu memasang satu kimono untuk satu orang.
 
Pemakainya jadi nggak bisa gerak leluasa, tapi itulah yang membuatnya semakin terlihat anggun...

 
Cuplikan mengenai seluk-beluk kimono dapat dilihat di film Memoirs of Geisha,
 
seperti pada gambar-gambar ini...
 
 

 Jepang - Yukata

Dan bagi yang tidak mampu membeli kimono, atau hanya untuk keperluan acara santai tradisional, masyarakat jepang menggunakan Yukata, bentuk simpel dari kimono. Yukata lebih ringkas dan lebih mudah; didapat dan dipakai...

Lihat, mbak sayuri kecil bisa lari dengan menggunakan Yukata...


Korea - Hanbok

Hanbok korea emang lagi gandrung ugal-ugalan. Rasanya masih inget semua orang gila budaya Jepang, sekarang dengan mudahnya masyarakat berpindah ke lain hati dan tren pun bergeser ke negri ginseng.


 Hanbok dipakai dari segala strata sosial di Korea, yang membedakan hanya bahan kain dan aplikasinya.


Banyak hanbok yang mencerminkan budaya korea bisa dilihat di serial laris ‘Jewel in The Palace’, yang menjadi pioneer demam Korea saat ini... Fyuuuh... Dan Lib Collection membuat Hanbok versi muslimah dalam salah satu koleksinya....
Moslem Hanbok by LIB Collection

Vietnam - Ao Dai

Vietnam, nama baju adat tradisionalnya Ao Dai. Ao Dai, yang terpengaruh budaya Cina, sedikit mirip satu sama lain dalam baju adat tradisionalnya. Wajarlah, Vietnam dulu juga jajahan Cina. Meski dengan beberapa variasi kain yang menjuntai di sana sini,  namun kerah tinggi dan beberapa model dengan kancing miring, membuat Ao Dai Vietnam terlihat cantik sekali...


    

Kamboja - Sampot
 

Kamboja punya baju adat tradisional bernama sampot. Sampot dari Kamboja ini terlihat sangat sesuai bila digunakan berkativitas, bergerak, termasuk menari.  

Bentuknya yang menggunakan celana, membedakan dengan negara tetangganya di asia tenggara. Ciri khas tropis bisa dilihat dari dandanan dan tipisnya kain yang digunakan untuk menyesuaikan dengan iklim tropis.


Burma - Kachin
Pakaian adat Burma namanya Kachin. Ciri khas yang paling mudah dikenal adalah topi tabung yang tinggi, kemudian bila ada perhelatan memakai kalung kekuningan yang ’ramai’ di pundak.


Jadi, bila berjumpa dengan berbagai festival baju adat, dan tebak-tebakan dari manakah baju ini, gampang. Supaya menang, ingatlah cirinya; topi yang tinggi ini pasti dari Burma...
 
Filipina - Barong Tagalog
Baju adat tradisional Filipina adalah Barong Tagalog.


Entah kenapa dinamai tagalog, seperti nama bahasa Filipina. Namun lengan barong tagalog mirip dengan gomesi dari Uganda, melengkung tinggi besar.

 
 Seperti yang dipakai oleh Imelda Marcos, mantan ibu negara Filipina yang Rakus nan Fenomenal...
  Thailand - ???
Sampai detik ini saya belum menemukan nama pakaian adat tradisional Thailand. Sedikit mirip dengan India dengan selendang slampir di bahu, namun dengan kemben yang lebih terbuka, sesuai daerah tropis.




 Ada yang tahu????
 
Indonesia - Kebaya

 

Kalau Jerman Deutsche Vaterland (Tanah Bapak), kalau Indonesia Ibu Pertiwi. Xixixixi…… Inilah Kebaya, pakaian adat tradisional Indonesia, yang berkembang sangat pesat bersama kain batik kebanggaan.

 




Berbagai variasi dan model berkembang dan membuat kebaya semakin cantik dipakai oleh wanita Indonesai yang berkarakteristik lekuk tubuh yang curvy.






Kebaya juga dipakai di berbagai acara resmi, dan kadang dipadukan dengan jilbab sesuai kultur masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam.

Miss Universe 2011, Mbak Leila Lopez terlihat sangat cantik mengenakannya. Wow...


Ayo, ayo... masih banyak pakaian adat yang belum terekspos disini.
Ada yang mau bantu nambahin nama-nama pakaian adat di seluruh dunia????
Wanna Add????
Title : Pakaian Nasional dari Berbagai Negara
Description : Jerman - Dirndl Negara ini emang idolaku. Kalo boleh nggak nasionalis, fanatisme buta kuserahkan sega...

0 Response to "Pakaian Nasional dari Berbagai Negara"

Posting Komentar